SETTING NECK GUITAR/BASS

Merasakan neck aneh dan dimainnin ngga nyaman? Mari bersama kita setting neck guitar/bass kita. Poin-poin untuk setting neck:

relief

  • Melihat posisi neck apakah neck gitar/bass kita cembung?Neck cembung ditandai dengan buzzing, suaranya njepret sana sini. Solusinya: Buka tutup Trus Rod , trus di putar dengan kunci L, diputarnya kekiri. Oh iya,trus rod sudah tahu atau belom? letaknya?
  • trussadjust    Trus Rod rata rata ada di neck didepan fret pertama dibawah nut, biasanya ditutup dengan dibaut, untuk Fender tidak ditutup, untuk Musicman, gitar akustik, Sterling ada di neck bagian belakang dibawah fret terakhir.
  • Untuk Neck yang cekung?  Monggo diputar Trus Rod kekiri sampai terlihat flat.
  • Apa yang musti dilakukan untuk mengetahui neck kita cembung, cekung , atau flat? Gampang banget masbro, tekan senar di fret pertama dan tekan senar di fret terakhir, trus dilihat dari atas apakah neck difret tengah ada jarak dengan senar? Kalo flat , berarti difret tengah tidak berjarak antara fret dan senar.
  • Selanjutnya, setting tinggi rendahnya senar. Opo maneh sing diputer? Mari kita beralih ke saddle bridge. Untuk fender  dan tremolo sejenisnya di setiap saddle ada 2 mur L , kalo senar terlalu rendah, tinggal di putar kekanan. Jangan lupa, tinggi rendah per saddle berbeda2 lho, soalnya musti ngikut bentuk neck, cembung. Untuk tremolo model gibson, lebih gampang, cukup putar baut – di kanan kiri bridge. Putar kekanan untuk menaikkan senar, Putar kekiri untuk menurunkan senar. Untuk Floyd Rose dan tremolo up down, sama dengan langkah model Gibson, ada baut kanan dan kiri, cuma bedanya up down pake kunci L, kekanan untuk menaikkan senar, kekiri untuk menurunkan senar.                                                                                                          bridgeadjust
  • Okalah, cukup ini dulu yang musti dilakukan untuk setting neck yang bisa dilakukan sendiri.